Minggu, 17 Maret 2013

Lempah Kuning Iga & Ikan Bangka, Pedasnya Luar Biasa!


detail berita Lempah kuning ikan

 

Lempah kuning iga

 

Berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia, rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Adalah lempah kuning yang wajib dicicipi bila ke Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Menapakkan kaki di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, carilah hidangan lempah kuning. Pilihan lempah kuning khas Pangkalpinang yang terkenal lezat ada dua, yakni menggunakan tulang iga dan ikan.

Satu porsi lempah kuning tulang iga telah dipesan. Ketika hadir di hadapan, segeralah mencicipi kuahnya. Awalnya, rasa hidangan ini mirip sayur pindang. Namun, lempah kuning punya sensasi pedas yang luar biasa.

 Rasa pedas lempah kuning dicocokkan dengan lidah orang Melayu dan merupakan resep turun-temurun masyarakat Bangka. Yati juga mengungkapkan, memasak lempah kuning tergolong mudah. Bumbu-bumbu yang diperlukan, adalah lengkuas, kunyit, cabai rawit, kemiri, terasi, bawang merah, bawang putih, dan air asem.

Cara memasaknya, bumbu-bumbu tersebut, kecuali air asem, dihaluskan. Lalu, masukkan ke dalam panci berisi air dan panaskan. Masukkan tulang iga atau ikan ke dalam panci lalu masukkan air asem dan matangkan selama 15 menit.

 Resep awalnya bukan menggunakan air asem, tapi nanas. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak orang mengganti penggunaan nanas dengan air asem.

Lempah kuning akan nikmat ketika disajikan dengan nasi putih hangat. Jika Anda mampir ke Kota Pangkalpinang dan ingin berwisata kuliner, lempah kuning bisa jadi pilihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar