Minggu, 17 Maret 2013

Kelenteng Dewi Kuan Yin


Tour Ke Bangka, berkunjunglah ke Kelenteng Dewi Kuan Yin


index
    
    Dari segi arsitektur Kelenteng Dewi Kuan Yin sebetulnya terbilang biasa. Tidak ada perbedaan mencolok dibandingkan ratusan kelenteng lain yang bersebaran di Bangka. Namun kelenteng yang terletak di Desa Rambak, Sungailiat, Kab. Bangka Induk, ini menawarkan aktifitas unik yang menarik untuk dilakukan. Dikelenteng yang diresmikan oleh artis kenamaan Titek Pusa ini pengunjung dapat melakukan “Chiam Si”.
Chiam Si merupakan ramalan kuno China. Di depan altar Dewi Kuan Yin, penjaga kelenteng akan memberikan arahan cara melakukan Chiam Si. Wadah berbentuk tabung yang sudah berisikan bilah-bilah bambu yang bernomor diberikan ke pengunjung.

kuil dwi kuanim

Kemudian, wadah dikocok-kocok hingga ada sebilah bambu yang jatuh. Dari bilah bambu tersebut tinggal dilihat nomor yang keluar. Nomor tersebut dicocokkan ke kertas ramalah yang sudah tersedia. Tulisan ramalan yang puitis pun terbaca.
Ada aksara China maupun terjemahan dalam Bahasa Indonesia. Isi ramalam seputar perjodohan, pernikahan, pekerjaan, uang, sampai urusan bisnis. Ramalah menggunakan Chiam Si sebaiknya dilakukan hanya setahun sekali. Jika ingin lagi, maka lakukan di tahun berikutnya.
Selain Chiam Si, kelenteng ini juga terkenal karena khasiat air di kolam dan sumur yang ada di dalam kelenteng. Sebagian orang percaya, air tersebut dapat membuat orang awet muda. Boleh percaya, boleh tidak, apa pun itu kunjungan ke ”Taman Bunga Teratai Dewi Kuan Yin” sayang dilewatkan saat Anda tour di Bangka.
Walau kelenteng adalah tempat ibadah, namun kelenteng ini juga selalu menarik pengunjung lintas agama. Jadi salah satu agenda tour ke Bangka adalah mendatangi kelenteng tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar