Rabu, 20 Maret 2013

Gunung Menumbing

Gunung Menumbing Tempat Pembuangan Ir.Soekarno

http://data.tribunnews.com/foto/berita/2010/10/3/Pesanggrahan_Menumbing.jpg

 
 
http://1.bp.blogspot.com/-MDBdLj9pFQo/T7RXR5sOFyI/AAAAAAAAAOQ/0zKWGNqGTiM/s1600/photo-bung-karno.jpg
 
http://2.bp.blogspot.com/-WjSPqx1COJo/T7RXOeDzKMI/AAAAAAAAAN4/mqczsJFW5fM/s1600/Wisma-Menumbing.jpg
 
 
 http://4.bp.blogspot.com/-WV5wab5Cd48/T7RXQ1dz6DI/AAAAAAAAAOI/KEF-Rq-Hlko/s1600/mobil-bung-karno1.jpg
 
 
Gunung Menumbing merupakan tempat pembuangan orang nomor satu di Indonesia.Ir.H Soekarno pernah dibuang disini pada masa penjajahan Belanda. Gunung Menumbing secara geografis berada pada 700 meter di atas permukaan air laut. Gunung ini terletak di wilayah Mentok Kabupaten Bangka Barat.Di Gunung Menumbing ini terdapat tempat peristirahatan sekaligus tempat pengasingan Bung Karno yang bernama Jati Wisata.

Untuk menuju lokasi ini anda harus melapor lebih dulu di Pos 1 (Pintu Masuk) apalagi jika anda membawa mobil. Hal ini dikarenakan jalan yang sempit karena hanya bisa dilewati oleh satu kendaraan saja. Dengan mengendarai mobil atau sepeda motor maka waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi pengasingan Ir.H Soekarno sekitar 15 menit. Namun jika anda menempuh perjalanan dengan berjalan kaki seperti yang penulis lakukan maka dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam lebih berarti waktu perjalanan pulang pergi memakan waktu sekitar 2 jam lebih. Bukan waktu yang singkat. Saya menyarankan lebih baik anda naik kendaraan untuk menuju puncak kecuali jika anda ingin benar-benar merasakan sejuknya hawa pengunungan.

Di puncak Gunung Menumbing ini terdapat Bangunan Tua yang merupakan peninggalan sejarah. Untuk masuk ke dalam bangunan anda dipungut biaya sebesar Rp.2.500/orang. Di dalam bangunan tua tersebut pengunjung bisa melihat mobil VW (Volks Wagon)tua yang dikendarai Soekarno untuk berkeliling Mentok yang hanya tinggal body (kerangka) saja sedangkan mesinnya udah hilang.

Selain itu juga terdapat tempat tidur sebanyak 2 buah yang didalamnya dilengkapi kamar mandi,2 buah kursi santai, 1 buah lemari pakaian dan sebagainya. Di luar kamar terdapat ruangan tempat Bung Karno menulis dan membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar